Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Siap mengikuti UKK 2019

Administrator, 28 Mar 2019 - SMKN 2 Palopo
53

[] Untuk memenuhi syarat sebagai pelaksana Uji Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan, pihak SMK Negeri 2 Palopo melibatkan dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) melakukan verifikasi tempat Uji Kompetensi Keahlian.

"Di tahun ini, ada 11 kompetensi keahlian yang akan melakukan verifikasi tempat uji kompetensi keahlian dan hari ini (28/3/2019) Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan diverifikasi dari NV. Hadji Kalla Toyota Palopo" ungkap Bapak Drs. Abdullah Saleng selaku Wakasek Humas/Hubin. "SMK Negeri 2 Palopo sudah lama menjalin kerjasama dengan NV. Hadji Kalla Palopo dalam hal Uji Kompetensi Keahlian baik sebagai verifikator maupun sebagai penguji eksternal"Lanjut Pak Dul, sapaan akrab Bapak Drs. Abdullah Saleng.

Sementara itu Bapak Yunus Tappi selaku verifikator dari NV. Hadji Kalla Toyota Palopo menyatakan Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Palopo, layak untuk menjadi tempat Uji Kompetensi Keahlian. "Hasil verifikasi yang kami lakukan, jurusan TKR ini sangat layak dijadikan tempat UKK tahun 2019 ini karena persyaratan sebagai tempat UKK  telah terpenuhi" ungkap Bapak Yunus Tappi. 

"Kami selaku pihak SMK Negeri 2 Palopo sangat berterimakasih kepada NV. Hadji Kalla Toyota Palopo yang berkenan menjadi verifikator UKK tahun ini dan tahun tahun sebelumnya. Termasuk kesediaan dari NV Hadji Kalla Toyota Palopo menerima siswa kami untuk melakukan praktik kerja industri"pungkas Pak Dul.

Sebagaimana diketahui bahwa untuk menjadi tempat Uji Kompetensi Keahlian satuan pendidikan harus diverifikasi dalam beberapa standar antara lain standar persyaratan peralatan utama, standar persyaratan peralatan pendukung,standar persyaratan tempat/ruang serta memuat persyaratan penguji yang terdiri atas penguji internal dan eksternal. Dan mulai tahun pelajaran 2018/2019, Ujian Nasional Teori Kejuruan tidak lagi menjadi bagian Uji Kompetensi Keahlian sehingga nilai Ujian Nasional tidak lagi diperhitungkan dalam nilai Uji Kompetensi Keahlian melainkan hanya untuk Sertifikat Hasil Ujian Nasional.[]